06 Oktober 2009

Mutiara Hati Rasulullah dari Kaum Yahudi

Judul Buku        : Misteri Sofia: Istri Nabi dari Putri Yahudi
Penulis              : Abba Zhahir Bi Amrillah
Penerbit            : Salamadani
Edisi                 : Cetakan I, September 2008/ Ramadhan 1429 H
Tebal                : 196 Halaman


Menarik! Itulah kesan pertama saya selaku pembaca ketika melihat judul buku ini. Melihat dari diksi yang dipilih untuk judul yaitu Misteri Sofia: Istri Nabi dari Putri Yahudi, ada dua hal yang terpikirkan oleh pembaca. Pertama, buku ini merupakan sebuah otobiografi tentang Sofia, kedua mengingatkan pada judul-judul novel bergenre misteri, yang membuat pembaca penasaran dengan alur cerita novel, untuk mengetahui ending  ceritanya. Seakan-akan bukan seperti kisah shirah nabi pada umumnya, yang terkesan formal dengan dalil naqli yang banyak. Buku ini menceritakan salah satu ummul mukminin yaitu Sofia.
            Siapakah Sofia? Dia adalah Shafiyyah binti Huyaiy bin Akhtab ra, salah seorang ummul mukminin, istri Rasullullah. Kitab shirah lebih mengenal Sofia dengan nama Shafiyyah. Pemilihan nama “Sofia” daripada “Shafiyyah” membuat kesan religi buku ini agak tersamar. Sehingga pembaca yang memiliki keyakinan selain islam bisa tertarik untuk mengetahui isi buku ini.
Penyebutan nama Sofia sendiri adalah nama yang biasa dipakai  putri Huyaiy bin Akhtab diantara kaumnya.. Sosok Sofia menjadi menarik, karena beliau adalah putri seorang pemimpin Yahudi yang sangat memusuhi islam. Namun selain itu, beliau juga memiliki garis keturunan dengan  Nabi  Harun as saudara Nabi Musa as. 
Selain memiliki garis keturunan nabi, Ummul mukminin Sofia adalah seorang wanita dengan kepribadian yang istimewa. Beliau memiliki kecantikan “luar-dalam” yang indah. Sehingga membuat Rasulullah sangat menyayanginya dan memberikan tempat khusus di hati beliau. Begitu juga sebaliknya, Sofia  sangat mencintai dan menghormati Rasulullah. Meskipun dalam tubuh Sofia mengalir darah Yahudi yang memusuhi Rasulullah, kesetiaannya terhadap Rasulullah dan islam tidak perlu diragukan lagi.
Keteladanan Sofia sebagai seorang wanita dan istri seorang pemimpin besar layak untuk ditiru. Beliau sangat pandai menyenangkan hati Rasulullah dengan akhlak mulianya. Hal ini sering membuat cemburu istri-istri Rasul yang lain, termasuk ummul mukminin  Aisyah. Sehingga seringkali timbul tindakan dari ummul mukminin lain yang membuat sakit hati Sofia. Namun kelembutan, sikap pemaaf dan keikhlasan beliau membuat semua itu menjadi baik-baik saja. Bahkan meskipun kecemburuan sering terjadi, tapi para istri Rasul termasuk Aisyah mengakui bahwa Sofia adalah wanita yang istimewa. Itulah sekilas kisah tentang Sofia
Selain menceritakan tentang Sofia, buku ini juga mengulas tentang kisah-kisah Rasulullah yang berhubungan dengan kaum Yahudi. Hal ini sangat  relevan, karena Sofia sebagai sentral cerita memiliki latar belakang Yahudi yang kuat.
Melihat kembali kisah hidup Sofia, secara tidak langsung menceritakan tentang romantika kehidupan rumahtangga Rasulullah. Sangat manusiawi jika kadangkala terjadi kecemburuan antara istri satu dengan istri yang lain. Namun dengan kepribadian Rasulullah, maka semua masalah selalu bisa diselesaikan dengan baik. Keikhlasan yang tinggi membuat para ummul mukminin bisa mendukung  tugas-tugas Rasulullah.
            Seperti halnya tulisan yang bertema tarikh nabi, kisah yang ditulis dalam buku ini tetap menampilkan ayat-ayat Al Quran dan hadist sebagai pedomannya. Hanya saja, ayat-ayat Al Quran dan hadist hanya ditulis dalam Bahasa Indonesia, tidak ditulis dalam Bahasa Arab. Hal ini membuat pembaca yang tidak menyukai buku-buku bertema religi, bisa menikmati kisah ummul mukminin Sofia layaknya membaca sebuah buku umum.  
Bahasa yang digunakan dalam buku ini gampang dimengerti dan tidak berbelit-belit layaknya syair-syair arab. Namun pembaca harus jeli dengan pembahasan tema per bab-nya. Pembahasan tentang Sofia  tidak berada dalam bab yang berkesinambungan, tapi meskipun begitu masih koheren satu sama lain.
Untuk siapa buku ini diperuntukkan? Buku ini bisa dikonsumsi untuk semua kalangan, baik pria maupun wanita. Sebuah nutrisi pengetahuan islam yang dikemas relatif lebih ringan.
            Khususnya kaum wanita, kisah Sofia bisa menjadi sebuah inspirasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Dewasa ini, seiring dengan perkembangan jaman, ilmu dan teknologi dengan kata lain modern, krisis percaya diri sering terjadi pada wanita. Mereka berlomba-lomba untuk memperbaiki penampilan fisik, sehingga tidak segan-segan memubadzirkan uang banyak untuk memoles seluruh lapisan kulitnya. Namun hal tersebut belum tentu membuat mereka menjadi mulia di mata Allah bahkan sekedar di mata manusia.
Untuk itu, Buku ini bisa bermanfaat langsung kepada kaum wanita, untuk tidak sekedar memperbaiki kecantikan fisiknya, tetapi juga memperbaiki hati dan ibadahnya, agar menjadi mulia dimata Allah dan manusia. Salah satunya dengan meneladani seorang wanita mulia yaitu Sofia atau Shafiyah binti  Huyaiy bin Akhtab ra.


( Hore..! ada namaku di salah satu nama istri Rasulullah..hehehe..!) 



1 komentar:

ARS mengatakan...

ternyata resensi kamu untuk proyek narsis juga ya