31 Mei 2009

3 Hari Yang Indah

Jalan yang berkelok-kelok, hijau pepohonan sepanjang jalan dan indahnya kota Yogyakarta terlihat dari dalam bus yang membawa kami ke Wonosari, GunungKidul. Aku berada di antara mereka. Orang-orang yang baru aku kenal selama 7 hari dalam sebuah pelatihan yang diadakan oleh Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan, Universitas Gadjah Mada.


Perjalanan dari Yogyakarta ke Wonosari tidak memakan waktu lama. Bus yang membawa kita berhenti di sebuah rumah sederhana berhalaman luas. Itu adalah rumah kita selama di Wonosari. Tuan rumah menyapa dan menyambut kami dengan ramah. Suasana terasa hangat. Apalagi teman-temanku rata-rata orang sunda yang tidak paham jawa, sehingga kadangkala “ketidaknyambungan” menjadikan suasana lebih semarak.


Langit sangat gelap. Hujan mengguyur sejak tadi sore.Jalanan terlihat sepi. Sesekali kilat menyambar, petir dan guntur saling bergantian terdengar. Sangat mencekam menurutku. Apalagi listrik juga dipadamkan dari pusatnya. Lilin yang ada juga terbatas. Kami bersama-sama menikmati cahaya kecil dari lilin itu meskipun nanti akhirnya sang lilin akan padam karena meleleh. Allah tahu, aku sangat takut dengan suasana itu. Tapi itu bukanlah hal penting, aku akan tetap menikmati suasana bersama mereka tanpa ada keluhan. Kesenyapan hati karena ketakutanku tidaklah menjadi gangguan terhadap kesemarakan kami meskipun hanya dengan setitik lentera lilin.

We are together..


Aku jatuhcinta..
Jangan salahsangka terlalu jauh. Aku jatuh cinta dengan suasana, karena aku bisa tertawa bahagia. Fasilitas yang minimalis tidak menciptakan suatu keluhan sama sekali. Kami tetap bisa menikmati. Bahkan arogansi seorang “oknum” yang merasa lebih pintar dan pengalaman, sehingga terasa semena-mena oleh sebagian besar teman yang lain, bukanlah suatu yang membuat kita untuk tidak menikmati suasana.


Ah sudahlah, rasa bahagia ini memang khas aku miliki. Semua akan menjadi kenangan indah. Dan mungkin bila nanti, kita akan bertemu lagi..?? 3 hari yang Indah.


(Didedikasikan kepada Santi, Isti, Dhimas, Fauzy,
Nanang, Rahmat, Supri, Yoga dan Lilik, dan Johan)

Tidak ada komentar: